Apakah anda
sedang mencari percakapan bahas Korea sehari-hari dan artinya dalam bahasa
Indonesia? Tepat sekali anda membaca posting ini. Kali ini, saya akan
membagikan contoh percakapan bahasa Korea yang sering digunakan sehari-hari di
rumah dan di sekolah.
Harap
dipahami, Bahasa Korea memiliki tingkatan kehormatan yang disebut Jondaemal (존댓말) dan banmal (반말). Jondaemal (존댓말) terbagi antara dua, yaitu bentuk hormat dengan akhiran 니다/습니다 (untuk penyataan) 니까/습니까 (untuk pertanyaan) dan bentuk
sopan dengan akhiran요.
Sedangkan tingkatan반말 (banmal) juga terbagi dalam dua bentuk, yaitu bentuk
berakhiran야 atau tanpa
akhiran dan bentuk berakhiranㄴ/는다. Untuk lebih jelas, silahkan lihat tingkatan kehormatan untuk percakapan
bahasa Korea sehari – hari.
# Kegiatan Pagi dalam Bahasa Korea (한국어로 아침에는 생활)
-
Percakapan dengan orang tua dalam Bahasa
Korea
(부모님에게서 대화)
엄마
|
준수, 일어나!
|
Ibu
|
Jun Su, bangun!
|
준수
|
네, 엄마. 일어났어요.
|
Jun Su
|
Iya, bu. Aku sudah bangun!
|
엄마
|
빨리 목욕해! 그리고 먹어!
|
Ibu
|
Cepat mandi
dan sarapan!
|
일어나! Adalah bentuk
kalimat perintah.
Bentuk
|
Cara Pembentukan
|
Contoh
|
Informal/Biasa
|
Kata dasar perubahan + 라
|
가라!
먹어라!
|
Kata dasar
perubahan
|
먹어!
가!
|
Sopan
|
Kata dasar perubahan + 요
ATAU
Kata dasar perubahan + (으)세요
|
먹어요!
가요!
먹어 + 으세요 -> 먹으세요!
가세요!
|
Hormat
|
Kata dasar + (으)십시오
|
먹으십시오!
가십시오!
|
-
Percakapan dengan orang tua
엄마
|
알디, 넌 어디에 있어?
|
Ibu
|
Aldi, kamu di mana?
|
알디
|
침실에서 있어요.
|
Aldi
|
Di kamar.
|
엄마
|
뭐 하는 거야?
|
Ibu
|
Lagi ngapain?
|
알디
|
침실을 청소하고 있어요, 엄마.
|
Aldi
|
Sedang membersihkan kamar, ma.
|
엄마
|
제 남동생이 어디에 있어?
|
Ibu
|
Adikmu di
mana?
|
알디
|
거실에서 아빠랑 같이 있어요.
아리가 텔레비젼을 보고 아빠가 신문을 읽고 있어요.
|
Aldi
|
Ada di ruang tamu bersama ayah.
Ari lagi menonton TV.
Ayah lagi membaca Koran.
|
엄마
|
엄마가 부엌에 요리를 하고 있어서, 너가 현관을 청소해 줘!
|
Ibu
|
Karena Ibu
sedang memasak di dapur. Kamu bersihkan beranda juga ya.
|
알디
|
네, 엄마.
|
Aldi
|
Ya, ma.
|
침실에서 있어요 memiliki arti “Aku berada di kamar tidur”.
Untuk
membentuk kalimat “ada/tidak ada …” atau “aku punya …” digunakan bentuk ini :
(kata benda)이/가 있다.
|
Ada … / Aku punya
|
(kata benda)이/가 없다.
|
Tidak ada … / Aku tidak punya
|
*이 digunakan untuk kata benda berakhiran konsonan / 가 digunakan untuk kata benda berakhiran vocal.
Contoh (보기):
책이 있어요 (Ada buku)
시간이 없어요. (Aku tidak punya waktu)
민 수 : 여기서 열쇠가 있어요? (Apakah di sini ada kunci?)
리안
: 열쇠가 없어요. ((di sini) tidak ada kunci)
|
-
Percakapan antar teman dalam Bahasa
Korea
(Menggunakan bentuk Informal/Biasa)
안디
|
안녕 혜진!
|
Andi
|
Hai, Hye Jin!
|
혜진
|
안녕!
|
Hye Jin
|
Hai!
|
안디
|
아침에는 뭘 했어?
|
Andi
|
Apa yang kamu
lakukan pagi ini? (apa kegiatanmu pagi ini?)
|
혜진
|
보통처럼. 6 (여섯) 시에 일어났어.
|
Hye Jin
|
Seperti biasa. Aku bangun jam 6 pagi.
|
안디
|
그리고?
|
Andi
|
Lalu?
|
혜진
|
목욕하고 이를 닦았어.
|
Hye Jin
|
Aku mandi dan menggosok gigi.
|
안디
|
방을 안 청소했어?
|
Andi
|
Apa kau tidak
membersihkan kamarmu?
|
혜진
|
저가 오전 7(일곱)시에 방을 청소했어야. 그리고 아침 식사를 먹었어.
|
Hye Jin
|
Aku membersihkan kamarku jam 7 pagi. Kemudian aku sarapan.
|
안디
|
지금은 8(여덟)시야. 학교에 몇 시에 가?
|
Andi
|
Sekarang jam 8
pagi. Jam berapa kamu berangkat sekolah?
|
혜진
|
오전 7.30 (일곱시 반)야.
|
Hye Jin
|
Jam 7.30 pagi.
|
안디
|
알았어.
|
Andi
|
Aku mengerti.
|
혜진
|
어디에 가고 싶어?
|
Hye Jin
|
Kamu mau ke mana?
|
안디
|
먼저 가. 안녕.
|
Andi
|
Aku duluan ya.
Sampai jumpa!
|
혜진
|
네. 안녕.
|
Hye Jin
|
Oke. Sampai jumpa!
|
목욕하고 이를 닦았어. Aku (sudah) mandi dan
menggosok gigi.
Untuk menyambungkan kata kerja atau kata sifat, maka digunakan bentuk :
Kata kerja/sifat dasar + 고 + kata kerja/sifat
dasar + 고 + dst.
Contoh (보기):
그 사람은 침착하고 인내심 있어요. (Dia orang yang tenang
dan sabar)
Selain untuk menyambungkan kata kerja/sifat, bentuk ini juga berfungsi
untuk menyambungkan satu kalimat dengan kalimat yang lain.
Contoh (보기):
미나가 착하고, 민수가 웃겨요. (Mina baik dan Minsu
humoris.)
이를 닦았어 adalah “sudah menggosok
gigi” atau bentuk kata lampau.
Untuk
bentuk penghubung dengan고, akhir kalimat menunjukkan “masa”.
Contoh (보기):
목욕하고 이를 닦아요.
(Aku
mandi dan menggosok gigi)
목욕하고 이를 닦았어요.
(Aku
sudah mandi dan menggosok gigi)
목욕하고 이를 닦을 거예요.
(Aku
akan mandi dan menggosok gigi)
목욕하고 이를 닦고 있어요.
(Aku
sedang mandi dan menggosok gigi)
Untuk memahami pembentukan tenses atau penunjuk masa dalam dalam bahasa
korea, silahkan merujuk ke Penunjuk Masa atau Tenses yang Digunakan dalam
Percakapan Sehari-hari dalam Bahasa Korea.
# Kosakata yang Digunakan dalam Percakapan Sehari-hari
di Rumah dalam bahasa Korea
-
Ruangan di Rumah (집에서 방)
Ruang tamu
|
거실
|
Kamar Mandi
|
화장실
|
Toilet
|
화장실
|
Kamar
|
방
|
Kamar Tidur
|
침실
|
Dapur
|
부엌
|
Ruang Keluarga
|
거실
|
Gudang
|
창고
|
Beranda
|
현관
|
Ruang belajar
|
공부방
|
Kamar utama
|
안방
|
-
Barang-barang di Rumah (집에서 물건)
Pintu
|
문
|
Pintu Kamar
|
방문
|
Jendela
|
창문
|
Tangga
|
계단
|
Lantai
|
바닥
|
Kunci
|
열쇠
|
Kunci kamar
|
방열쇠
|
Dinding
|
벽
|
Pagar
|
울타리
|
Atap
|
지붕
|
Sistem pemanas (biasanya ada di bawah lantai)
|
온돌
|
Rak buku
|
책장
|
Lemari baju
|
옷장
|
Sofa
|
소파
|
Meja makan
|
식탁
|
Tempat alas kaki
|
신발장
|
Kotak surat
|
우체통
|
Kompor gas
|
가스레인지
|
Cermin
|
거울
|
Penghangat ruangan
|
날로
|
Setrika
|
다리미
|
Bantal
|
배개
|
Sarung bantal
|
배개커버
|
Sabun
|
비누
|
Sapu
|
빗자루
|
Lampu
|
불
|
Kipas angina
|
선풍기
|
Wastafel
|
새숫대
|
Mesin cuci
|
세탁기
|
Handuk
|
수건
|
Tempat sampah
|
쓰레기톻
|
Gantungan baju
|
옷걸이
|
Kursi
|
의자
|
Selimut
|
이불
|
Asbak
|
재떨이
|
Kabel
|
전선
|
Dispenser
|
정수기
|
Meja
|
책상
|
Meja belajar
|
책장
|
Pasta gigi
|
치약
|
Tempat tidur
|
침대
|
Seprei
|
침대커버
|
Sikat gigi
|
칫솔
|
Gorden
|
커튼
|
Stop kontak
|
콘센트
|
Televisi
|
텔래비전
|
# Di Kelas dalam Bahasa Korea (교실에서)
Percakapan 1 : Mengerjakan Soal (재 일 : 질문을 하다)
혜진
|
안디, 질문이 있어야.
|
Hye Jin
|
Andi, ada yang ingin aku tanyakan.
|
안디
|
네?
|
Andi
|
Ya?
|
혜진
|
이 문제을 몰라. 너가 알아?
|
Hye Jin
|
Aku tidak
mengerti soal ini. Apa kau mengerti?
|
안디
|
먼저 봐 봐!
아, 이건. 가르쳐!
|
Andi
|
Coba kulihat dulu.
Oh yang ini. Mari kuajarkan.
|
혜진
|
고마워.
|
Hye Jin
|
Terima kasih.
|
봐 봐! Memiliki arti “Coba kulihat!”
Untuk
membentuk ekspresi ini adalah dengan :
Kata kerja perubahan + 보다
Ekspesi
ini sangat umum digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam bahasa Korea.
Contoh (보기):
먹다 (makan)
|
먹어 + 보다
|
먹어 봐요.
(Cobalah makan!)
|
가다 (pergi)
|
가 + 보다
|
저기에 가 봐요.
(Aku mencoba pergi ke sana)
|
마시다 (minum)
|
마셔 + 보다
|
저는 주스를 마셔 봤어요.
(Aku sudah
mencoba minum jus)
|
Percakapan 2 : Pekerjaan Rumah (제 이 : 숙제)
지 효
|
아나, 숙제을 했어요?
|
Ji Hyo
|
Ana, apa kamu sudah mengerjakan PR?
|
아나
|
무슨 숙제예요?
|
Ana
|
PR apa?
|
지 효
|
지난 주의 한국어 숙제예요.
|
Ji Hyo
|
PR Bahasa
Korea minggu lalu.
|
아나
|
끝냈어요.
|
Ana
|
Aku sudah selesai.
|
지 효
|
그 숙제는 언제 모아요?
|
Ji Hyo
|
PR itu kapan
dikumpulkan?
|
아나
|
내일 수요일이에요. 했어요?
|
Ana
|
Besok hari Rabu. Apa kamu sudah mengerjakannya?
|
지 효
|
아직. 잊어요.
|
Ji Hyo
|
Belum. Aku
lupa.
|
아나
|
내일에 모아서 다행이에요.
|
Ana
|
Untunglah besok baru dikumpulkan.
|
지 효
|
네, 다행이내요.
|
Ji Hyo
|
Iya,
syukurlah.
|
다행이내요 dapat diartikan
syukurlah. 다행 berarti
‘keberuntungan’ dan sering diterjemahkan menjadi “syukurlah”.
Akhiran
내요 menyatakan reaksi spontan dan tiba-tiba dari si pembicara.
Biasanya dapat diterjemahkan “oh aku mengerti jika ... “ atau “oh aku menyadari
jika …”
Contoh
:
너가 한국어를 잘 하시내요. ((oh aku mengerti jika) kamu bicara bahasa Korea
dengan baik)
Percakapan
3 : Saat Pelajaran (제 삼 : 수업 있을 때)
선셍님
|
질문이 있어요?
|
Guru
|
Ada yang ditanyakan?
|
준 수
|
선생님, 두제의 부분을 모르겠습니다.
|
Jun Su
|
Saya tidak mengerti yang bagian kedua pak.
|
선셍님
|
네, 다시 한 번도 설명해. 잘 주목해!
(설명하기 후에)
알았어?
|
Guru
|
Baiklah, akan
bapak jelaskan sekali lagi. Perhatikan baik-baik!
(setelah
dijelaskan)
Mengerti?
|
준 수
|
네, 알겠습니다.
|
Jun su
|
Iya pak. Saya mengerti.
|
Percakapan 4 : Meminta Ijin (제 사 : 허가를 바라다)
준 수
|
선생님, 좀 급해서 그러는데, 화장실 좀 다녀와도 될까요? *
|
Jun Su
|
Pak, karena ada sesuatu yang agak mendesak, boleh saya pergi ke toilet?
|
선셍님
|
네.
|
Guru
|
Ya.
|
Ungkapan ini adalah ungkapan yang sering diucapkan di Korea. Namun, di
Korea, biasanya pada saat pelajaran tidak boleh keluar kelas meskipun ke
toilet, kecuali dalam keadaan yang sangat mendesak.
Untuk ungkapan umum di Indonesia kita bisa menggunakan :
죄송합니다 선생님, 화장실 다녀와도 되요? (Maaf pak, boleh saya permisi ke toilet?)
Percakapan 5 : Barang-barang di kelas (제 오 : 교실에서 물건)
준 수
|
아나, 제 불펜을 봐?
|
Jun Su
|
Ana, apa kau melihat pulpenku?
|
아나
|
아니. 안 봐.
|
Ana
|
Tidak, Aku tidak lihat.
|
준 수
|
그렇니까, 잠시 동안 네 불펜을 빌려도 돼요?
|
Jun Su
|
Kalau begitu,
apa aku boleh pinjam pulpenmu sebentar?
|
아나
|
저가 불펜이 한 개만 있어서, 미안해요.
|
Ana
|
Maaf ya, soalnya aku cuma punya satu pulpen.
|
준 수
|
그래요.
(다른 친구에 가)
태 민, 네 불펜을 빌려도 돼?
|
Jun Su
|
Baiklah kalau
begitu.
(pergi ke
teman yang lain)
Tae Min, apa
aku boleh pinjam pulpenmu?
|
태 민
|
네, 여기. 잊지말고 돌려 줘!
|
Tae Min
|
Ini. Jangan lupa dikembalikan, ya!
|
준 수
|
내, 고마워.
|
Jun Su
|
Oke. Terima
kasih
|
Percakapan 6 : Barang-barang di kelas (제 오 : 교실에서 물건)
혜 진
|
누가 책이에요?
|
Hye Jin
|
Buku siapa ini?
|
아나
|
책에서 이름을 봐 봐요!
|
Ana
|
Coba lihat nama di buku itu!
|
혜 진
|
이름이 없어요.
|
Hye Jin
|
Tidak ada
namanya.
|
안디
|
그건 제 책이에요.
|
Andi
|
Itu bukuku.
|
혜 진
|
그래요?
|
Hye Jin
|
Benarkah?
|
안디
|
네. 저것은 제 손으로 쓰기예요.
|
Andi
|
Iya. Itu tulisan tanganku.
|
# Kosakata yang Digunakan dalam Percakapan Sehari-hari
di Sekolah dalam bahasa Korea
-
Barang-barang di Kelas (교실에서 물건)
Buku
|
책
|
Buku catatan
|
공책
|
Buku latihan
|
연습책
|
Buku Teks/Paket
|
교과서
|
Buku Teks/Paket Matematika
|
수학 교과서
|
Pulpen
|
볼펜
|
Pensil
|
연필
|
Penghapus
|
지우개
|
Penggaris
|
자
|
Highlighter (Penyorot)
|
하이라이더
|
Papan tulis
|
칠판
|
Kapur
|
분필
|
Meja
|
책상
|
Kursi
|
의자
|
Loker
|
로커
|
Baju seragam sekolah
|
학교 제복
|
Topi
|
모자
|
Dasi
|
넥타이
|
Kertas
|
종이
|
Tas
|
가방
|
-
Orang (사람)
Kakak kelas
|
선베
|
Adik Kelas
|
후배
|
Guru
|
선생님
|
Kelapa Sekolah
|
교장
|
Guru Bahasa Inggris
|
영어의 선생님
|
Guru Matematika
|
수학의 선샘님
|
-
Tempat-tempat di Sekolah (학교에서 장소)
Sekolah
|
학교
|
TK
|
유치원
|
SD
|
초등학교
|
SMP
|
중학교
|
SMA
|
고등학교
|
Perpustakaan
|
도서관
|
Kantin
|
식당
|
Ruang Guru
|
교무실 atau 교사실
|
Klinik
|
양호실
|
Kelas
|
교실
|
Kantor
|
사무실
|
Toilet/WC
|
화장실
|
Lab Bahasa
|
어학실
|
Laboratorium
|
실험실
|
Ruang Ekstrakurikuler
|
동아리방
|
Lapangan sepakbola
|
축구장
|
Lapangan basket
|
농구대
|
Upacara Bendera
|
조례시간
|
Kelas 1
|
1한년 (한한년)
|
Kelas 2
|
2 한년 (두한년)
|
Kelas 8
|
8학년 (여덟한년)
|
Kelas 9
|
9학년 (아홉한년)
|
Kelas … (tahun ke- 1-12)
|
… 학년
|
Kelas 2-2
|
2 학년2반 (두 학년 두 반)
|
Kelas 3-1
|
3 학년1반 (삼 학년 한 반)
|
Kelas 11 IPA 1
|
11학년 과학 1반 (열 한 학년 과학 한 반)
|
Kelas 11 IPS 2
|
11학년 사회 2 반 (열 한 학년 사회 한 반)
|
Kelas 12 Bahasa 1
|
12학년 국어 1반 (열 두 학년 국어한 반)
|
Lab Biologi
|
생물학 실험실
|
Lab Kimia
|
화학 실험실
|
Lab Fisika
|
물리학 실험실
|
Ruang BK (Bimbingan Konseling)
|
상당실
|
Musholla/ruang berdoa
|
기도실
|
Aula
|
강당
|
Gedung Olahraga
|
체욱관
|
Parkir
|
주차장
|
Untuk lebih jelas mengenai ekspresi yang digunakan dalam percakapan bahasa Korea dasar, silahkan tonotn video berikut ini :
Jadi,
sekarang saya harap anda sudah bisa mengerti dan bercakap-dalam dalam bahasa
Korea pada situasi sehari-hari selama di rumah dan di sekolah. 화이팅 (semangat) !